Bisnis kopi dan Cipete adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Cipete sebagai distrik kreatif diharapkan bisa menjadi hub pengetahuan bagi para pelaku industri kopi di Jakarta.
Sebuah event yang memiliki tujuan untuk memberikan gairah pada industri kopi di Indonesia dan menyebarkan edukasi terkait kopi digelar pada 25-27 Maret 2022, bertempat di Grange Park Cipete, Jakarta Selatan. Nama event tersebut adalah Jakarta Coffee Experience 2022 (JCE 2022).
Jakarta Coffee Experience tidak hanya mengangkat tentang industri kopi di Indonesia, tetapi juga menawarkan perpaduan hiburan dan seni di dalamnya. Selain sebagai media untuk memperkenalkan industri kopi, event ini juga dibuat untuk mendukung gerakan Cipete Creative District.
Mugni Fiat, Ketua Panitia Jakarta Coffee Experience 2022, menjelaskan bahwa kopi hari ini bukan hanya minuman semata, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Kopi telah bertransformasi menjadi media sosialisasi dan sumber ide dalam dunia kreatif.
Dalam tiga hari pelaksanaan event, disajikan berbagai aktivitas mulai dari bazaar, forum diskusi, pertunjukan hiburan, pameran, sampai art installation.
Membentuk kecintaan dan edukasi terkait kopi sekaligus industrinya ternyata bisa dikolaborasikan dengan seni dan musik sehingga nyawa dari event bisa lebih berwarna. Dengan itu, diharapkan event ini tidak hanya menarik pelaku industri kopi atau coffee enthusiast, tetapi juga masyarakat umum. Masyarakat akan diajak untuk mendukung industri kopi hingga ke petani kopinya.
Ahmad Romero Comacho atau dikenal sebagai Popo, Co Founder Teamup, selaku penyelenggara event menginginkan setiap orang yang hadir di Jakarta Coffee Experience merasakan pengalaman yang luar biasa. Ia tidak ingin seseorang hadir dan hanya merasakan pengalaman marketplace, tetapi juga whole experience dari industri kopi.
Jakarta Coffee Experience sendiri diikuti oleh 46 tenant yang turut meramaikan event yang rencananya akan digelar setiap tahun ini. Ada berbagai merek kopi terkenal yang ikut dalam event kali ini, misalnya Toko Kopi Tuku, Ruuma Kopi, Dua Coffee, Twin House, Klasik Beans, dan lain-lain.
Selain itu, Jakarta Coffee Experience juga mengadakan pre-event dengan menggelar talk show lewat Instagram Live dengan para pegiat di industri kopi. Beberapa nama yang diundang adalah Mas Pepeng, founder Klinik Kopi, Natasha Rizky, founder Mineral Coffee dan Muhammad Aga yang merupakan ‘coffee-preneur’.
Sesi talkshow utama juga mengundang beberapa nama terkenal yang sudah malang melintang di industri kopi Indonesia. Diantaranya ada Ditto Percussion, founder Stuja, Andanu Prasetyo, founder Toko Kopi Tuku, dan Billy Kurniawan, founser Janji Jiwa.
Bagi Coffee enthusiast, Jakarta Coffee Experience menyediakan hiburan berupa live demo dari Ryan Wibawa dan Johni D’Roadrunner. Jakarta Coffee League 2022 juga digelar bersamaan dengan Jakarta Coffee Experience, di mana Blue Doors Coffee dari Bandung yang keluar sebagai juara pertama.
Untuk hiburan musik, Jakarta Coffee Experience selama tiga hari berturut-turut menghadirkan penyanyi dan grup musik terkenal Jakarta untuk menghibur seluruh pengunjung. Penyanyi-penyanyi tenar yang mengisi acara hiburan musik antara lain Bilal Indrajaya, Duara, Reruntuh, Biru Baru, Hursa, dan beberapa nama lain.
Jakarta Coffee Experience diharapkan bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Acara yang berangkat dari Pasar Kopi Cipete ini memiliki dampak positif terhadap ekosistem industri kopi dan menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat umum yang masih awam dengan betapa besarnya potensi bisnis kopi di Indonesia.